Segera Backup Data WhatsApp Android Jika Tidak Ingin Hilang

Segera Backup Data WhatsApp Android Jika Tidak Ingin Hilang

Pekan lalu, layanan pesan singkat WhatsApp memberitahukan kerja sama dengan raksasa search engine Google. Pengguna dapat menyalin (backup) seluruh data di WhatsApp ke Google Drive tanpa meminimalisir kuota kapasitas penyimpanan yang tersisa.

Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 November mendatang dan khusus guna pemakai Android. Kendati begitu, pemakai WhatsApp mesti segera memodernisasi backup datanya dari sekarang.

Pasalnya, seluruh backup yang tak dimodernisasi selama satu tahun akan hilang dari Google Drive per 12 November nanti, sebagaimana dihimpun dari website resmi WhatsApp. Google pun mulai menyebar e-mail pemberitahuan untuk pemakai Drive, meminta mereka mengerjakan backup data WhatsApp mulai sekarang.

Backup yang dilaksanakan saat ini masih memakan kapasitas penyimpanan Google Drive, sebab kepandaian barunya belum dicanangkan. Artinya, Anda mesti meyakinkan kenangan Google Drive lumayan menampung seluruh data WhatsApp yang dirasakan penting.

Data tersebut meliputi www.pro.co.id teks, foto, dan video yang kita pertukarkan dengan rekan di WhatsApp.

Cara mem-backup data anda di WhatsApp lumayan mudah, buka software WhatsApp di Android, pilih “Settings”, “Chats”, “Chat backup”, kemudian “Back up to Google Drive”.

Tentu saja Anda mesti mempunyai akun Google yang teraktivasi di smartphone. Perlu disalin pula, data WhatsApp yang kita backup tak bakal terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end dari layanan bernuansa hijau tersebut.

Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini dapat dibilang bermanfaat supaya Anda tak butuh kehilangan data pembicaraan lama bila dibutuhkan di masa mendatang.