Penyebab dan Dampak Pencemaran Udara

Penyebab dan Dampak Pencemaran Udara

Polusi di jalanan emang udah pasti nggak akan sanggup dihindarin nih, Squad. Makanya, abang ojek daring itu tepat jemput pelanggannya (bisa menjadi kamu sih), pasti nawarin begini…

“Mas/Mbak, senang memanfaatkan masker?”

Jangan salah sangka lho. Nawarin masker ke kamu itu bukan cemas ketularan penyakit, tapi agar kamu sebagai penumpang itu menjadi safe dan nyaman terhindar dari pencemaran polusi udara.

Ngomong-ngomong soal polusi, itu kan termasuk pencemaran hawa tuh. Nah, di artikel kali ini kami akan mengupas perihal penyebab dan efek pencemaran udara

Kamu sadar nggak Squad apa sih pencemaran hawa itu? Pencemaran hawa itu suatu kondisi hawa punya kandungan senyawa kimia maupun biologi di dalam jumlah banyak yang berdampak bagi kesehatan makhluk hidup. Secara umum, pencemaran terbagi menjadi dua, yakni pencemaran hawa primer dan pencemaran hawa sekunder.

Pencemaran hawa primer ini penyebabnya langsung dari polutan, seperti meningkatnya kandungan karbondioksida dari kesibukan pembakaran manusia. Kalau pencemaran hawa sekunder itu berlangsung akibat reaksi kimia dari partikel-partikel polutan yang berlangsung di atmosfer, seperti pembentukan ozon.

Secara garis besar penyebab pencemaran hawa itu terbagi menjadi dua, yakni kesibukan alam dan kesibukan manusia. Kok sanggup kesibukan alam menjadi penyebab pencemaran udara? Begini Squad, kami ambil contohnya letusan gunung berapi ya. Letusan gunung itu membuahkan abu vulkanik yang mencemari hawa sekitar. Otomatis berbahaya dong bagi kesehatan manusia dan tanaman?

Selain itu, tersedia ulang nih kebakaran lahan hutan yang membuahkan karbon dioksida di dalam jumlah yang banyak. Bisa mengganggu kesehatan manusia dan hewan termasuk pastinya. Bahkan, sistem penerbangan termasuk sanggup terganggu loh akibat kebakaran hutan ini.

Nah jika penyebabnya kesibukan manusia itu banyak sih, seperti asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah dan asap rokok. Makanya jangan kaget atau heran jika naik motor itu pasti banyak pengendara yang memanfaatkan masker membuat menutupi hidung. Ini karena mereka sayang bersama kesehatan badan mereka. Mulai sekarang, yuk memanfaatkan masker untuk meminimalisi efek pencemaran hawa bagi tubuh kita

Jangan anggap sepele nih efek dari pencemaran udara. Udara itu kan perannya sangat mutlak bagi kehidupan makhluk hidup, maka dari itu kamu kudu sadar nih efek dari pencemaran hawa itu seperti apa.

1. Kualitas hawa yang mengalami penurunan akibat pencemaran ini menimbulkan beraneka penyakit, lebih-lebih penyakit pernafasan.

2. Letusan gunung berapi yang menimbulkan abu vulkanik termasuk memicu hawa tercemar dan memicu hujan asam. Hujan asam ini punya kandungan sulfur yang mengganggu perkembangan tanaman.

3. Timbulnya efek rumah kaca yakni peningkatan suhu bumi karena konsentrasi karbon dioksida dan karbon monoksida yang tinggi di atmosfer.

4. Penggunaan product pendingin ruangan yang punya kandungan CFC seperti freezer dan AC sanggup mengakibatkan kerusakan susunan ozon. www.biologi.co.id

Sekarang kamu udah sadar kan penyebab dan efek dari pencemaran udara?