Mengapa Ada Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sekolah ?

“Bahasa Indonesia kan bahasa sehari – hari, lalu mengapa harus ada pelajaran bahasa Indonesia dalam pendidikan di sekolah? Bukannya setiap warga negara Indonesia sudah paham dan mahir benar soal bahasa Indonesia?”

Mengapa Ada Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sekolah
Mengapa Ada Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sekolah

Mungkin inilah yang ada di pikiran banyak orang. Bahkan banyak warga negara Indonesia termasuk siswa yang bertanya – tanya soal hal ini. Mengapa dan mengapa. Banyak orang ingin tahu alasannya ada pelajaran bahasa Indonesia sementara bahasa Indonesia memang menjadi bahasa yang kita kenakan sehari – hari bahkan interaksi di sekolahpun sudah mengenakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari – harinya. Satu hal yang saat ini harus kita semua tahu bahwa ruang lingkup bahasa Indonesia sendiri sangat luas dan terbagi ke dalam beberapa ruang lingkup tertentu. Berikut beberapa alasan mengapa harus ada pendidikan bahasa Indonesia di sekolah. Yuk cek dan simak informasinya di bawah ini J

Alasan Ada Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sekolah

Tak hanya menjadi sebuah alat komunikasi saja akan tetapi bahasa Indonesia juga merupakan suatu identitas atau ciri dari bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia sendiri juga merupakan bahasa resmi negara republik Indonesia yang telah sejak lama digunakan bahkan sebelum adanya Undang Undang Dasar 1945.

Bahasa Indonesia merupakan suatu bahasa persatuan yang telah berhasil dalam menyatukan semangat pemuda untuk bersatu pada saat sumpah pemuda dilakukan. Dimana bunyi sumpah pemuda yang waktu itu dihayati dan diamalkan bahkan sampai sekarang yaitu “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Karena itu bahasa Indonesia juga menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang berbeda – beda.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tidak perlu belajar bahasa Indonesia karena lawan bicara pasti mengerti apa yang dibicarakan. Tetapi jika kita tidak belajar bahasa Indonesia nyatanya tidak akan bisa terjalin interaksi yang komunikatif jika mungkin ada pertemuan antara berbagai macam suku yang berbeda – beda di Indonesia mengingat berbagai macam suku di Indonesia juga punya bahasa masing – masing. Karena inilah belajar bahasa Indonesia juga menjadi suatu aspek yang sangat penting.

Bahkan fenomena yang ada masih banyak orang Indonesia yang dalam berbicara, menulis dan juga menggunakan bahasa Indonesia tidak tertutur dengan rapi atau juga masih berantakan. Karena itu di bangku sekolah baik SD, SMP atau bahkan SMA dan perguruan tinggi diberikan mata pelajaran bahasa Indonesia bahkan juga dijadikan sebagai mata pelajaran baku untuk ujian nasional sejak SD sampai SMA.

Itulah beberapa alasan tentang pentingnya pendidikan bahasa Indonesia di sekolah. Semoga informasi diatas tentang Alasan Ada Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sekolah menjadi informasi yang bermanfaat. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/