Cara Menyemai Benih Jati agar Cepat Besar

Cara Menyemai Benih Jati agar Cepat Besar

Cara Menyemai Benih Jati – Jati bernama latin Tectona grandis L. adalah tanaman kayu yang miliki harga mahal. Hal ini disebabkan kayu jati mempunyai kemampuan dan keawetan yang tinggi. Sehingga terlalu sesuai untuk bahan bangunan dan perabot tempat tinggal tangga.

Jati banyak terhitung ragamnya, dan tiap-tiap varietas miliki era panen yang berbeda. Jati genjah bisa dipanen terhadap umur 15 tahun. Jauh lebih cepat dibanding tipe yang lama, yakni dipanen sesudah berumur 80 tahun.

Terlepas berasal dari varietasnya yang berbeda-beda, ada beberapa perihal yang perlu diperhatikan ketika dapat membudidaya tanaman jadi. Dan keliru satunya adalah terhadap pas penyiapan benih jati. Benih jati perlu miliki sifat indukan yang bagus, agar kayu yang dihasilkan terhitung relatip bagus. Sehingga terhadap pas panen bisa menguntungkan.

Syarat Biji Jati yang Baik dan Berkualitas

Jati kebanyakan diperbanyak secara generatif, bermakna diperbanyak bersama dengan biji. Agar hasil perbanyakan ini mempunyai mutu yang baik, maka mutu pohon induk benih perlu diperhatikan. Berikut beberapa kriteria pohon induk benih.

Pohon miliki kenarnpakan tumbuh yang baik yakni sehat dan bertajuk rindang.
Tinggi pohon bebas cabang sedikitnya 4 m.
Tahan gangguan hama dan penyakit.
Berbuah selama tahun
Benihnya miliki daya kecambah 80%.
Benih jati bisa disimpan sebelum saat ditanam. caranya benih dimasukkan didalam kaleng dan dilapisi arang saat ini atau serbuk arang kayu. Dengan langkah penyimpanan ini bijijati bisa tahan 2 tahun.

Cara penyemaian bijijati ada dua cara, sebagai berikut.

Cara Penyemaian Benih Jati ( Cara Pertama ) :

Benih jati kulitnya terlalu keras, untuk itu perlu dikerjakan pelunakan lebih dulu.
Siapkan sarana tanam berupa campuran tanah, kompos, dan sekam bersama dengan perbandingan 1 .1 : 1
Masukkan sarana didalam polybag.
Tanam benih ke didalam polybag, selanjutnya siram.
Letakkan di bawah naungan.
Setelah berumur 9 bulan, tanaman bisa dipindah tanam ke kebun.

Cara Penyemaian Benih Jati ( Cara Kedua )

Selain langkah pertama tadi ada langkah lain untuk menyemai benih Jati. Caranya adalah sebagai tersebut :

Siapkan bedeng tabur yang berisi sarana campuran 1 anggota tanah, 1 anggota pasir halus, dan 2 anggota kompos/pupuk kandang.
Benih ditanam didalam sarana ini , selanjutnya disiram.
Setelah benih berkecambah, yakni berakar dan mengeluarkan calon tunas batang, dipindahkan ke potybag yang udah diisi sarana tanam.
Letakkan di area teduh dan siram 2kali sehari.

Demikianlah beberapa langkah untuk menyemai Benih Jati. Anda bisa memperaktekan langkah pertama ataupun langkah kedua. Semoga paparan di atas bisa berguna buat kamu yang dapat membudidayakan tanaman jati.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/