CARA MENGATASI KONFLIK IP ADDRESS

CARA MENGATASI KONFLIK IP ADDRESS
CARA MENGATASI KONFLIK IP ADDRESS

CARA MENGATASI KONFLIK IP ADDRESS

CARA MENGATASI KONFLIK IP ADDRESS
CARA MENGATASI KONFLIK IP ADDRESS

Ada masalah dengan IP Laptop atau computer? Karena terjadi tabrakan IP dengan Komputer orang lain?, berikut salah satu solusinya, yaitu dengan cara menukar ip address kita, trik ini biasanya jika kita sebelumnya memakai ip address orang lain, kemudian terjadi konflik dikarenakan alamat ip yang sama. hal ini terjadi mungkin dikarenakan saking banyaknya komputer yang terhubung dalam satu router yang memakai akses mode DHCP, dimana alamat ip yang diberikan oleh router adalah secara otomatis terurut.

Berikut cara mudah untuk mengganti alamat ip komputer kita:

Klik “Start” – “Run” lalu ketikkan “cmd” lalu tekan enter, di windows 7 cukup klik start lalu ketik kan cmd di kotak “Search Program and Files”.

Kemudia ketikkan perintah :ipconfig /release 

Maka akan muncul jendela seperti dibawah ini

Selanjutnya ketikkan lagi perintah:

ipconfig /renew

Perintah “ipconfig /renew” ini akan membuat ip baru di komputer kita, jika terjadi konflik ip, jika tidak dia akan memakai kembali ip yang sama sebelumnya.


Untuk mengetahui ip apa yang kita pakai, cukup ketik perintah:

ipconfig

Anda masih menggunakan metode “Command Prompt” dimana kita bisa juga mengganti Alamat IP komputer kita memakai perintah “Netsh

Bagi yang memakai static ip dari telkom speedy, biasanya kita dikasih ip public sendiri, untuk mengganti ip dapat memakai perintah:

netsh IP Set Address “local area connection” static 10.10.10.5 255.255.255.0 10.10.10.1 1

Yang Mana
Local area connection = Nama jaringan local komputer kita
10.10.10.5 = alamat ip komputer kita
255.255.255.0 = Subnet alamat ip komputer kita
10.10.10.1 = Gateway

1 = Alamat ip Gateway yang ditentukan, biasanya selalu dimulai angka 1, tergantung settingan masing2 router ( misalkan gatewaynya 10.10.10.1 – jadi angka yang diisikan ialah 1 )

Jika alamat ip komputer yang akan kita ganti ialah di koneksi wireless / wifi makan nama “local area connections” kita ganti menjadi “Wireless Network Connections” tegantung apakah namanya udah ditukar apa belum.

Kemudian untuk mengganti DNS Server nya ikuti perintah berikut:

Netsh Interface IP Set Dns “local area connection” static 110.137.8.2

Dimana:
110.137.8.2 = Dns server

Kemudian jika komputer kita akan memakai alamat ip secara otomatis yang diberikan oleh router ( DHCP ) Ketikkan Perintah:

Netsh Interface IP Set Address “local area connection” DHCP

Kemudian set Dns juga mengikuti DHCP

Netsh Interface IP Set Dns “local area connection” DHCP Selamat Mencoba… Semoga bisa Membantu…. Jgn Lupa Like and Share nya 😀

Sumber: https://www.ram.co.id/