Apa Kreativitas itu

Apa Kreativitas itu
Apa Kreativitas itu

Apa Kreativitas itu

Apa Kreativitas itu
Apa Kreativitas itu

Kreativitas adalah

proses menantang ide-ide dan cara-cara melakukan hal-hal yang sudah diterima untuk menemukan solusi-solusi baru. Sadarilah berbagai rintangan yang menghadang di jalan kreatif Anda dan pahami manfaat yang dibawa oleh pemikiran kreatif bagi Anda.

Menjadi kreatif

berarti melihat ide-ide atau objek dalam konteks yang berbeda, dengan mengenai potensi inheren mereka untuk digunakan dengan cara berbeda atau dengan mengemukakan ide-ide yang sebelumnya tak berhubungan satu sama lain, yang bersama-sama menciptakan sesuatu yang sepenuhnya baru. Kita semua mempunyai kemampuan untuk menjadi kreatif. Namun, kita cenderung dibatasi oleh budaya dan berbagai keadaan untuk melakukan berbagai hal dengan cara yang sudah selalu kita gunakan. Daripada melihat masalah sebagai kesempatan untuk menemukan aneka cara baru dalam melakukan sesuatu, kita cenderung melihat masalah-masalah tersebut sebagai rintangan umtuk diatasi. Gunakan pemikiran kreatif Anda untuk mendapatkan perspektif baru tentang dunia.

Beberapa orang kreatif secara alami

tapi sebagian besar dari kita menerima berbagai hal sebagaimana adanya. Misalnya, sebuah botol plastik hanya sekedar botol bagi beberapa orang. Namun, bagi pemikir kreatif, botol itu juga bisa menjadi corong atau sebentuk rumah kaca yang kecil sekali. Pemikiran kreatif dimulai dengan pertanyaan. Apakah benda tersebut benar-benar hanya merupakan apa yang kita asumsikan seperti adanya? Atau apakah benda-benda itu demikian adanya hanya karena kita melihatnya seperti itu?

Kita semua secara naluriah

menggunakan pemikiran kreatif guna mengatasi aneka situasi sehari-hari, seperti terjebak hujan dan kita lupa membawa payung, dengan reflek kita akan menggunakan benda yg lebar di sekitar kita untuk menutupi kepala seperti koran, tas, bahkan dedaunan.

Lebih dari berabad-abad, orang-orang kreatif telah memberikan berbagai solusi baru terhadap masalah-masalah keseharian mereka. Kemampuan manusia untuk menemukan berbagai solusi kreatif pada masalah-masalah penting bagi kesejahteraan manusia. Pada level sosial, kreativitas kolektif memberikan kesempatan untuk memperbaiki kualitas hidup. Di berbagai organisasi, kreativitas itu penting untuk menjamin keefektifan perusahaan terus-menerus di dalam dunia yang selalu berubah. Pada level pribadi, kreativitas dapat membantu Anda memutuskan aneka rutinitas yang tidak Anda sukai.

Baca Juga  :